Clean Up Malabar : Jaga Kebersihan Untuk Masa Depan Adalah Tanggung Jawab Bersama

Posted on January 15, 2017
Clean Up Malabar : Jaga Kebersihan Untuk Masa Depan Adalah Tanggung Jawab Bersama

Malang, 15 Januari 2017 – Otsuka Grup di indonesia bekerjasama dengan Radar Malang kembali mengajak warga Malang untuk peduli kebersihan Kota Malang melalui sebuah gerakan yang dinamakan “CLEAN UP MALABAR”. Gerakan ini berangkat dari sebuah ide bahwa masalah kebersihan bukan merupakan tanggung jawab pemerintah saja, tetapi merupakan kewajiban setiap warga masyarakat.

Beberapa waktu lalu PT Amerta Indah Otsuka melakukan revitalisasi Hutan Kota Malabar, dan ini merupakan sebuah kegiatan lanjutan dari revitalisasi tersebut. Berangkat dari hutan kota Malabar yang merupakan ikon Kota Malang dan satu-satunya hutan kota yang berada di tengah kota Malang harus selalu dijaga keberadaan dan kebersihannya,berusaha menggugah dan mengajak peran serta masyarakat Malang untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Kota malang yang saat ini mengalami pertumbuhan yang sangat cepat, baik dari sisi ekonomi maupun dari sisi populasi. Populasi di kota Malang meningkat tajam. Hal ini tentu berpengaruh terhadap keadaan kota, terutama sampah. Masih banyak masyarakat yang kurang mengerti untuk membuang di tempat yang telah disediakan, terutama sampah anorganik. Di dunia pun sampah anorganik ini juga menjadi masalah besar. Sampah anorganik adalag sampah yang tidak dapat terurai dengan cepat, butuh ratusan atau bahkan ribuan tahun untuk dapat mengurainya. Contoh sampah anorganik adalah Styriofoam, plastik, botol plastik, kaca, seng dan sebagainya.

Selain diikuti oleh karyawan Otsuka Grup yang berada di Malang, kegiatan ini juga didukung oleh Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman,Dinas Lingkungan Hidup serta Radar Malang, dan diikuti juga oleh SMAN 3 Malang, kegiatan ini dimulai dengan membersihkan Hutan Kota Malabar dilanjutkan dengan berjalan kaki melakukan bersih-bersih dan kampanye ‘tidak membuang sampah sembarangan’ di car Free day di jalan Ijen, dengan tujuan untuk menggugah masyarakat bahwa kebersihan adalah tanggung jawab seluruh elemen masyarakat.

 “Dahulu Jepang juga mempunyai masalah yang sama seperti Indonesia saat ini, yaitu masalah kebersihan, tetapi edukasi selalu dilakukan oleh pemerintah,  sekolah-sekolah serta warga yang peduli untuk selalu menjaga kebersihan untuk masa depan. Semoga gerakan yang dipelopori Otsuka ini dapat berhasil” tutup Yoshihiro Bando, Presiden Direktur PT Amerta Indonesia.

Dengan gerakan ini diharapkan kesadaran masyarakat dapat tumbuh untuk lebih menjaga kebersihan dan kelestarian kota Malang serta keberadaan Hutan Kota Malabar.

Bagikan Artikel Ini...

Artikel Lainnya